6 cara membedakan sepatu adidas asli atau palsu yang harus kamu tahu

Sepatu Adidas? Siapa yang tidak kenal merek sepatu yang satu ini? Sejarah sepatu Adidas dimulai pada tahun 1920 oleh Adi dassler dengan pertama kali yang dibuat adalah sepatu olahraga, karena produk sepatu yang di hasilkan memiliki kualitas yang baik, usaha pembuatan sepatu kecil-kecilan ini mulai membuahkan hasil.

Di tahun 1924 Adi dassler dan saudaranya Rudolf dessler mendirikan Dassler Brothers OGH  yang nantinya jadi cikal bakal Adidas yang ada sekarang. Di tahun 1948 kedua saudara ini memutuskan untuk pisah yang akhirnya Adi Dassler membuat Adidas sedangkan Rudolf dengan merek puma.

6 cara membedakan sepatu adidas asli atau palsu

Kualitas sepatu Adidas tidak perlu di ragukan karena Adi Dessler memiliki komitmen untuk membuat sepatu yang berkualitas terbaik. Saat ini Adidas menjadi sepatu terkenal hampir di semua penjuru dunia bukan hanya Indonesia. sayangnya kualitas unggulan dari Adidas dan terkenalnya merek sepatu ini membuat banyak produsen sepatu yang culas atau curang.

Di Indonesai sendiri KW sepatu Adidas bisa dengan mudah kita temukan, tentunya hal begitu merugikan pihak Adidas dan juga distributornya di Indonesia. bukan hanya pihak produsen yang rugi tapi juga konsumennya. Konsumen yang ingin membeli sepatu Adidas asli atau ori sulit membedakan mana yang asli dan yang palsu, karena tingginya tingkat pemalsuan sepatu Adidas.

Berikut cara membedakan sepatu Adidas asli atau palsu

1. Cek kondisi fisik

Yang paling mudah di lihat tentu tampak luarnya, ya sepatu Adidas yang asli jelas kualitas terbaik dengan bahan yang baik pula sedangkan untuk KW dapat mudah di kenali dari segi fisik karena memiliki bulid quality karena mereka akan menggunakan bahan pembuat sepatu yang kaku, keras dan kurang lembut. Saat di pakai rasanya sangat tidak nyaman jahitan sepatunya juga tidak rapi dan tidak konsisten.

Cara membedakan sepatu Adidas asli atau palsu dari segi fisik ini bisa di lakukan jika terlihat jelas sepatu Adidas tersebut memiliki kualitas yang buruk namun tidak bisa dipakai jika sepatu Adidas memiliki kualitas yang hampir sama dengan yang asli. Jadi jangan hanya terpaku pada bentuk fisiknya anda juga harus tahu yang lain.

2. Cek kode internasionalnya

Semua produk sepatu Adidas memiliki kode internasional yang berisikan 6 digit dengan kombinasi 1 digit alphabeth dan 5 digit numeric, biasanya kode alphabeth adalah huruf G, Q, V dan U. Kode ada di 3 tempat yaitu Prince tag, box sepatu dan sepatunya sendiri, untuk bagian sepatu berada di lidah sepatu dengan kondisi di sablon.

Untuk sepatu Adidas yang asli kode internasional berada di 3 tempat secara konsisten. Konsumen bisa mengecek kode tersebut lewat mesin pencari Google masukan keyword sepatu adidas + kode internasionalnya maka akan muncul gambar-gambar asli sepatu Adidas tersebut. Walaupun seri sepatunya sama dengan perbedaan warna maka kodenya juga akan berbeda.

3. Sesuaikan informasi dalam tag sepatu dengan box sepatu

Informasi yang bisa di periksa untuk tag sepatu dan box sepatunya seperti Nomor bercode EAN, nomor PO, deskripsi produknya, family produk, dan ukuran sepatunya. Detail tersebut harus ada secara konsisten maksudnya sama antara tag sepatu dengan box sepatunya.

4. Cetakan di lidah sepatu yang rapi

Cetakan dalam lidah sapatu Adidas asli memiliki bentuk yang rapi dengan kualitas yang bagus. Informasi dalam lidah sepatu ini juga harus sama dengan box dan Prince tagnya. Informasi yang bisa di periksa seperti kode internasionalnya, nomor PO, ukuran, gender dan made in atau sepatu tersebut di buat di negara mana.

Sepatu Adidas yang ada di Indonesia umumnya berasal dari Indonesia, Vietnam, India dan China jika menemukan made in selain 4 negara tersebut di Indonesia kemungkinannya ada 2 yaitu sepatu tersebut di beli di luar negeri atau produk tersebut palsu untuk trik ini sangat jarang bisa dipakai karena para produsen sepatu KW mencantumkan made in Indonesia, China atau Vietnam jarang yang memanipulasi made in ini.

5. Nomor seri kanan dan kiri

Saat membeli pastikan anda mengecek sepasang sepatu Adidas kanan dan kiri. Biasanya untuk Nomor PO, kode articale internasional akan sama namun ada satu digit dalam kode internasionalnya yang berbeda misal di akhir digit numbernya yang kiri 6 yang kanan 7.

Hal ini menjadi cara membedakan sepatu Adidas asli atau palsu yang paling ampuh. Mengapa demikian karena pembuat sepatu Adidas palsu tidak akan mau repot-repot membuat kode digit yang berbeda untuk sepasang sepatu supaya hemat waktu dan tenaga mereka akan membuat dalam bentuk yang sama. Hal ini bisa di lihat pada cetakan di lidah sepatunya, perlu di ingat bahwa cetakan ini berbentuk sangat rapi dan jelas bisa di baca, ini merupakan upaya dari produsen Adidas untuk mengontrol kualitas produk sepatu yang mereka buat.

6. Cek kode size

Perlu di ketahui bahwa sepatu Adidas adalah sebuah produk dari perusahaan Adidas yang ada di Eropa, mereka menggunakan size UK meskipun setiap pasangnya ada ukuran US, Eropa (FR/F), China, Jepang atau Indonesia yang mengikuti penomoran sepatu ukuran Eropa (FR/F). Hal ini membuat penomoran dalam size Indonesia tidak bisa bulat karena akan terjadi kenaikan nilai size UK naik setengah nomor, sedangkan size Euro akan naik dua per tiga.

Hal inilah yang membuat beberapa sepatu di Indonesia memiliki ukuran yang tidak bulat misalnya ukur 39 tidak ada yang persis 39 adanya 39 setengah. Jadi ketika anda menemukan sepatu adidas perhatikan konversi nilai sizenya jika ada sepatu adidas dengan ukuran 39 bulat hal itu perlu di curigai.

Sudah tahu cara membedakan sepatu Adidas asli atau palsu langkah selanjutnya ada bisa membeli produk yang asli di outlite resminya yang ada di berbagai tempat di seluruh Indonesia, ingat jika anda membeli produk sepatu Adidas asli dari luar negeri maka produk tersebut akan menyesuaikan negara pembuatnya dalam hal ini menyangkut ukuran atau size.

Jika anda membeli di toko sepatu biasa atau bahkan pinggir jalan sudah bisa dipastikan bahwa sepatu yang akan anda dapatkan adalah yang palsu. Teliti sebelum membeli di mana pun anda membeli sebenarnya tidak masalah asalkan anda tahu cara membedakannya. Keputusan mau membeli produk sepatu Adidas yang asli atau palsu itu adalah hak setiap pribadi.

Itu tadi cara membedakan sepatu adidas asli atau palsu untuk anda ketahui. Cara membedakan di atas juga bisa dijadikan ciri-ciri dari sepatu Adidas sendiri. Produk ini telah di kenal di banyak negara bukan hanya Indonesia jadi sangat mudah untuk menemukan barang KWnya.

Indonesia masih sangat lemah untuk memberantas plagiat, untuk gerakan dalam dunia produk sepatu sebagai konsumen cerdas sebaiknya kita membeli produk ori yang memiliki izin atau membeli produk made in anak-anak Indonesia. dengan begitu usaha sepatu KW tidak akan semakin marak, para produsen sepatu KW akan berpikir bagaimana caranya membuat sepatu kualitas terbaik dengan merek mereka sendiri.