Bagaimana Cara Membersihkan Sepatu Berbahan Beludru Dengan Mudah

Beli Sepatu Adidas Original

Teman-teman bisa membeli sepatu adidas original disini, 100% original

Beli Sepatu NIKE Original

Teman-teman bisa membeli sepatu NIKE original disini, 100% original

Bagaimana cara membersihkan sepatu berbahan beludru – Beberapa orang yang memiliki sepatu jenis ini, pastinya ada beberapa orang yang masih bingung bagaimana cara membersihkannya. Memang pada kenyataannya beludru ini tidak dapat di perlakukan seperti membersihkan sepatu yang terbuat dari kulit.

Bagaimana Cara Membersihkan Sepatu Berbahan Beludru Dengan Mudah

Bahan beludru ini juga tidak dapat di bersihkan seperti anda hendak mencuci pakaian, walaupun bahan beludru ini pada dasarnya sama dengan kain sutra.

Beludru di kenal juga dengan suatu istilah, yaitu kain velvet, yang pada dasarnya terbuat oleh serat sutra, tetapi dikarenakan permintaan yang meningkat serta bahan baku dari ulat sutra sangat terbatas, maka banyak yang menggabungkan antara sutra sebanyak 20 persen dengan menggunakan katun dan rayon.

Cara membersihkan sepatu berbahan beludru

Bahan yang telah di anggap mewah dari abad 14 ini,  memang mengharuskan perlakuan khusus pada kain ini. Nah, bagaimana cara merawat, membersihkan, serta menyimpan sepatu beludru ? berikut paparannya untuk anda.

Ciri-ciri Perbedaan Beludru dan Suede

Dalam merawat sepatu berbahan beludru, maka anda membutuhkan kehati – hatian serta memerlukan kecermatan. Sama seperti sepatu berbahan suade, yang sekilas terlihat sama.

Memang ada beberapa orang yang masih bingung dalam membedakannya. Sebenarnya ada beberapa ciri – ciri yang dapat anda ketahui perbedaan dari kedua jenis bahan tersebut,diantaranya :

bahan yang di gunakan berupa anyaman yang di peroleh dari benang yang berserat halus dan rapat. Sedangkan pada bahan serabut suede terlihat lebih kasar.

bahan yang di gunakan adalah kulit sapi yang masih muda, biasanya proses yang di lakukan melalui penyikatan. Dengan begitu kulit akan terlihat berserabut seperti kain.

Perawatan Sepatu Berbahan Beludru

Setelah anda mengetahui beberapa perbedaan sepatu berbahan beludru dengan suede, maka anda di harapkan tidak salah lagi dalam melakukan perawatannya. Sebenarnya ada satu bahan lagi yang sangat halus, bahan tersebut bernama nubuck.

Pada dasarnya bahan – bahan tersebut sangatlah rentan untuk terkena berbagai macam kotoran, oleh sebab itu langkah yang paling baik adalah mencegah untuk terkena dari noda – noda kotoran yang ada dan tidak memakainya dengan sembarangan.

Anda dapat memakai sepatu tersebut di saat waktunya sesuai dengan pemakaian sepatu tersebut.

Dalam melakukan perawatan terhadap sepatu berbahan beludru pada dasarnya tidaklah sulit ketika anda membiasakan membersihkan sepatu tersebut di saat anda telah memakainya.

Ada beberapa alat yang dapat anda gunakan untuk membersihkan sepatu beludru ini, diantaranya adalah :

Ketika sepatu tersebut terkena noda yang berat, seperti terkena percikan lumpur atau minyak, maka anda dapat menggunakan sikat yang secara khusus untuk menyikat suede, beludru atau nubuck yang di jual pada toko sepatu.

Dalam menyikatnya, anda harus melakukan dengan perlahan, jangan menekannya seperti anda hendak menyikat sepatu berbahan kulit, serta sapukan sikat pada satu arah saja.

Untuk lebih efektif lagi, anda dapat memakai vacum cleaner ini dalam membersihkan sepatu beludru anda, agar hasil yang di peroleh lebih maksimal.

Membersihkan sepatu berbahan beludru yang terkena noda / kotoran

Ketika sepatu beludru anda terkena berbagai macam noda atau kotoran, seperti hal yang sering terkena adalah tanah, maka janganlah langsung membersihkannya dengan memakai air, sebaiknya sikatlah dengan perlahan.

Anda dapat menggunakan sikat gigi yang tidak di pakai lagi. Bersihkanlah sampai noda / kotoran tersebut dapat sedikit berkurang / hilang.

Setelah itu ulang – ulangi dengan memakai sikat yang khusus. nah, untuk noda yang berminyak, anda dapat menggunakan tissue kering, dan jangan di bersihkan terlalu keras.

Ulangilah dalam beberapa kali hingga noda / kotoran tersebut dapat benar – benar tidak terserap kembali. Lalu anda dapat menyikatnya yang telah di basahi dengan memakai air sabun.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

ambillah sedikit sabun deterjen atau sabun colek

lalu aduklah sabun tersebut dengan menggunakan air yang telah di letakkan ke dalam gayung yang berukuran kecil. Aduklah hingga sabun tersebut menjadi busa.

ketika busa tersebut naik ke atas permukaan gayung, maka ambillah busa tersebut dengan menggunakan sikat. Ambillah busa yang berada pada permukaan gayung, fungsinya adalah untuk melembabkan sikat agar dapat di gunakan dalam mengusap sisa noda / kotoran yang berada pada permukaan beludru hingga bersih.

khusus pada noda minyak maka anda dapat menggunakan air yang masih hangat dalam mencampur sabun tersebut. Mengapa menggunakan air hangat ? dikarenakan air hangat lebih mudah dalam menetralisir minyak yang terdapat pada sepatu bahan beludru tersebut.

Perlu di ingat, bahwa jangan pernah untuk membersihkan sepatu tersebut dengan membasahinya menggunakan air / memakai tissue basah, tetapi pergunakan tissue yang kering / dengan menggunakan lap yang telah dilembabkan memakai busa sabun.

Ketika sepatu beludru anda sudah terlanjur basah, maka laplah segera dengan memakai lap kering atau tissue kering.

Selanjutnya sikatlah dengan perlahan. Memang pada dasarnya sepatu jenis ini di rancang untuk sepatu berjenis fashion. Oleh sebab itu dalam pemakaiannya di padupadankan dengan busana – busana tertentu pada acara – acara tertentu saja.

Penggunaan sepatu ini tidak di pakai untuk aktivitas sehari – hari, walaupun mempunyai konstruksi yang terbilang kuat, tetapi pada permukaan sepatu tersebut sangatlah rentan untuk berbagai macam noda atau kotoran.

Melakukan penyimpanan untuk sepatu beludru

Ada beberapa cara dalam penyimpanan sepatu berbahan beludru ini. Nah, untuk anda yang masih penasaran, langsung saja, berikut paparannya untuk anda :

Sebaiknya, ketika di letakkan pada rak sepatu, anda lebih awal membungkusnya dengan plastik agar debu yang ada pada sepatu dapat terhindari. Karena bahan beludru sangat sensitif terhadap debu.

Permasalahan yang sangat sering terjadi ketika debu yang terdapat pada sepatu tersebut telah banyak menumpuk, dan anda tidak mengetahuinya dengan sadar. 

Sehingga pada jangka waktu yang lama akan di pastikan sepatu tersebut menjadi kusam. Ketika hal ini telah terjadi, maka untuk membersihkannya akan lebih sulit.

Ketika anda ingin menyimpannya dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya sepatu tersebut benar – benar dalam keadaan kering dan bersih. 

Setelah itu anda dapat memasukkan kertas karton atau gulungan koran ke dalam sepatu agar dapat menjaga bentuk sepatunya sehingga tidak terhimpit ketika anda memasukkannya ke dalam kotak.

Ketika sepatu beludru anda letakkan ke dalam kotak sepatu, anda dapat memasukkan silica gel yang memang berguna dalam menyerap kelembapan sepatu anda. 

Anda juga dapat memasukkan kamfer yang berguna dalam mencegah bau agar serangga tidak masuk ke dalam kotak tersebut.

Setelah mengetahui beberapa tahapan dalam merawat sepatu beludru anda, tentunya anda dapat mempraktekkan di rumah beberapa paparan di atas. Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara membersihkan sepatu berbahan beludru.